Pada Tugas Softskill kali ini saya akan bercerita tentang apa saja ilmu yang telah saya pelajari dan perdalam selama berkuliah di jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma.
     Pada awal saya memasuki jurusan ini, masih belum menunjukan tanda tanda untuk mendalami sesuatu, karena mungkin masih dalam tahap penyusuaian. Semester 1 saya berbagai mata kuliah oleh dosen, dari mulai kembali belajar fisika, kimia, beberapa pemograman dasar seperti qBasic hingga mata kuliah seperti PendidikanKewarganegaraan. Seperti tak menyangka kalau saya akan kembali bertemu dengan pelajaran pelajaran yang sebelumnya waktu SMA pernah saya pelajari.
Selama diajarkan sebuah pemograman dasar seperti qBasic saya sempat bingung, karena SMA tidak pernah mempelajari yang namanya flowchart hingga bilangan binner. Tapi saya tetap berusaha pelan pelan mempelajari nya lewat teman sekelas saya yang kebetulan anak Jurusan RPL (rekayasa perangkat lunak) sewaktu dia SMK.
     Hari berganti hari, semester terus bertambah. Dan mata kuliah Pemograman saya semakin beragam. Dari mulai qBasic, visual basic, cobol dan lain lain. Hingga di pertengah semester saya sempat berpikir untuk keluar dari Gunadarma karena merasa yah, mahasiswa salah jurusan. Yang mana ekspetasi berlawanan dengan reality. Tapi syukurnya orang tua terus mendukung agar meneruskan perkuliahan.
     Hingga akhirnya, saya mulai mengikuti beberapa seminar, workshop, kursus yang berhubungan dengan Jurusan Sistem Informasi yang sedang saya jalani. Saya sempat mempelajari cara membuat jaringan CISCO, mempelajari cara membuat website sederhana, hingga terakhir saya mempelajari software untuk pemetaan Sistem Informasi Geografis seperti Agisoft.
     Dan ketertarikan saya muncul saat mempelajari software pemetaan Agisoft di bidang Sistem Informasi Geografis ini. Karena kebetulan saya sedang menyukai hobi baru bermain Drone. Dan kebetulan pada saat workshop Sistem Informasi Geografis, pembicara sempat mengatakan kalau Drone dapat digunakaan untuk pemetaan suatu daerah dari atas, karena drone dapat memotret dan juga dapat memantulkan semacam gelombang sonar yang dapat membantu saat mengolah hasil nya di software Agisoft.

     Hingga sekarang saya masih mempelajari agar lancar melakukkan pemetaan drone menggunakan software Agisoft, mulai dari menghasilkan peta 2 dimensi, hingga mempelajari untuk membuat yang versi 3 dimensi nya. 

Komentar