1. Sebutkan 10 hal apa saja yang ada dilingkungan Universitas Gunadarma yang menurut saudara perlu untuk diperbaiki , dihilangkan atau ditambahkan

Tugas Teori Organisasi Umum
Dosen Mario Zefanya



-          Ilonge (Internet lounge) Kampus E Gunadarma menurut saya dihilangkan saja. Karena dari mulai awal saya masuk pada tahun 2013 hingga sekarang belum pernah merasakan manfaat dari ilounge bahkan masuk pun belum pernah. Saya hanya melihat dari kejauhan beberapa komputer yang tidak terpakai, hanya terletak begitu saja. Lebih baik semua komputer komputer itu dijual, lalu ilounge digantikan dengan prasarana yang lain seperti Perpustakaan dll.
-          Parkiran Gunadarma, lebih baik ditingkatkan lagi pelayanan dan bangunannya. Khususnya parkiran di kampus E, karena dihari hari tertentu, motor yang parkir bisa meluber hingga ke area untuk berjalan kaki para mahasiswa. Juga saya harapkan parkiran di gunadarma bisa menerapkan sistem parkir karcis/kartu e-parking yang juga memakai portal beserta cctv. Agar tidak ada lagi kasus mahasiswa yang kehilangan entah itu helm, sepeda hingga sepeda motor. Sangan disayangkan parkiran E dan D Gunadarma yang sudah memakai bangunan bertingkat tapi tidak diikuti dengan sistem parkir yang modern. Seperti yang diterapkan parkir parkir di Mall besar perkotaan/stasiun kereta.
-          AC/Pendingin Ruangan di kampus gunadarma harus diperbaiki bahkan kalau perlu ditambahkan lagi. Karena ada beberapa kasus dimana ruang kelas yang digunakan mahasiswa untuk kegiatan perkuliahan AC nya tidak dingin (angin saja) bahkan ada yang rusak. Walau mahasiswa sudah menulis di Ac tersebut kalau AC nya tidak dingin atau rusak. Tetap saja mendapat penanganan yang lamban dari pihak Universitas. Padahal rata rata mahasiswa membayar uang kuliah per semesternya 8jt rupiah. Tapi untuk kualitas sebuah pendingin udara saja dispelekan.
-          Toilet, jumlah toilet di gunadarma sebenarnya sudah memadai, namun saya harap dapat diperbaiki lagi kebersihannya. Karena tak jarang saya menemukan wc yang sangat bau dan jorok. Memang tugas kami sebagai mahasiswa yang menggunakan toilet tersebut setiap hari juga ikut menjaga kebersihannya. Namun, alangkah baiknya kalau petugas Toilet yang sudah digaji oleh pihak Kampus juga ikut memantau kebersihan toilet setiap jamnya. Seperti petugas toilet di stasiun kereta/mall besar.
-          Satpam, yap disegi petugas keamananan untuk kampus sebesar Universitas Gunadarma harusnya ditambahkan lagi, karena banyak dari mereka yang mengeluh kewalahan. Sehingga beberapa tempat yang rawan seperti parkiran tidak dapat terpantau oleh mereka. Sehingga timbul kasus kasus dimana mahasiswa kehilangan helm hingga motor. Sebagai contoh pada tahun 2014 di kampus Gunadarma E saya pernah kehilangan sepeda yang jelas jelas saya ikat di pohon parkiran bawah parkir tingkat, dekat dengan pos Satpam. Namun sayang beribu sayang, saat pulang kuliah sekitar pukul 5 sepeda saya hilang dari tempat semula. Dan saat saya tanyakan ke satpam tidak ada 1 pun dari mereka yang mengetahui.
-          OHP (Overhead Projector), untuk kampus sekelas Gunadarma saya rasa sangat memilukan bila dosen dosennya masih menggunakan OHP untuk mengajar di kelas. OHP adalah benda besar berlensa cembung, masih berlampu pijar yang berat dan disimpan di dalam peti besi hitam ditiap tiap kelas. Dibeberapa kampus besar di depok sudah tidak ada lagi yang menggunakan OHP, rata rata kampus kampus itu sudah menggunakan projector yang sudah tergantung di langit langit kelas. Projector ini lebih kecil bentuknya, dan juga tidak perlu menggunakan kertas transparan untuk menggunakannya. Karena dapat langsung terhubung ke laptop dengan beberapa kabel usb. Jadi saya harap sudah saatnya Gunadarma menghilangkan fungsi OHP di kelas, dan mempensiunkannya.
-          Loket BAAK, menurut saya loket BAAK di kampus E Gunadarma Gedung 1  ini ditambahkan. Karena mengingat banyaknya jumlah mahasiswa/i Gunadarma yang membuat KRS setiap semesternya. Terkadang bisa sampai berhari hari mengantri hingga ke gedung 4. Kalau diliput beberapa stasiun TV, bisa menjadi aib juga kan hehe.
-          Masjid, khusus untuk tempat beribadah bagi muslim Kampus Gunadarma setiap harinya ini masih cukup kurang, sehingga perlu ditambahkan lagi. Juga keamanannya ditingkatkan. Mengingat di Majid Kampus E gunadarma tidak ada CCTV, sehingga beberapa mahasiswa banyak yang mengalami kehilangan sepatu
-          Pepohonan/Taman digunadarma rasanya perlu ditambah lagi, terutama di Kampus D Margonda. Agar suasana di area kampus terasa lebih sejuk
            -     ATM (Anjungan Tunai Mandiri) saya rasa dibeberapa kampus Gunadarma perlu ditambah.

Komentar