Gemar Minum Soda ? Coba Pikir Kembali!

     Meminum air soda saat cuaca panas atau sekedar menghilangkan rasa haus memang dapat menyegarkan tubuh dalam seketika. Namun tahukah anda, bahaya minuman bersoda bisa menyebabkan masalah kesehatan? Sudah banyak penelitian dilakukan untuk membongkar fakta mengenai kandungan minuman berkarbonasi yang bisa saja menyebabkan penyakit dan bahkan sampai kematian.

     Dalam penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, bahaya minuman bersoda memang tidak bisa terlihat secara langsung. Kandungan zat berbahaya yang ada di dalamnya akan mengakibatkan kerusakan organ tubuh pada jangka waktu lama.

     Sedangkan bahaya minuman bersoda untuk ibu hamil adalah resiko bayi lahir dalam keadaan cacat sampai kematian janin. Hal ini bisa saja muncul jika wanita yang sedang hamil meminumnya secara rutin dan berlebih sehingga terjadi penumpukan racun.Yang harus anda cermati, minuman bersoda berbeda dengan soft drink atau minuman ringan yang memiliki manfaat vitamin serta mineral lain untuk tubuh.

     Sedangkan minuman yang paling direkomendasikan oleh pakar kesehatan adalah air putih. Dengan meminum minimal 8 gelas air putih sehari, tubuh akan tetap sehat dan fit serta dapat bekerja secara optimal karena tidak kekurangan cairan.

Bahaya minuman soda bagi kesehatan sudah tentu tidak boleh dianggap sepele. Berikut alasan mengapa harus jauhi minuman bersoda demi kesehatan kita:

1. Menyebabkan obesitas (perut bisa buncit)

Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas. Baik untuk anak – anak maupun orang dewasa. Selain itu minuman bersoda juga membuat perut buncit.

2. Merusak ginjal

Yang menjadi salah satu kelebihan dalam minuman bersoda adalah warnanya yang menarik. Apa lagi ditambah dengan beberapa tambahan es batu. Tapi tahukan anda bahwa pewarna minuman dalam minuman bersoda tidak baik untuk ginjal? Pewarna tersebut dapat merusak ginjal bila terus dikonsumsi.

3. Gigi dapat membusuk

Dalam suatu penelitian, 3200 orang responden mengalami kerusakan gigi akibat mengkonsumsi minuman bersoda. Hal ini tentu saja akibat kandungan zat gula yang ada di dalam minuman tersebut. Tak hanya itu, asam fosfat juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.

4. Tidak mengandung vitamin

Minuman bersoda sama sekali tidak mengandung vitamin. Minuman bersoda hanya mengandung gula sebagai perasa manis, kafein, dan tambahan perasa buah saja. Sehingga minuman ini memang tidak memberi efek positif sama sekali bagi tubuh

5. Tulang mudah rapuh

Mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat membuat tulang menjadi rapuh. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang diam – diam merapuhkan dan mengikis tulang. Ini membuat osteoporosis lebih cepat dapat menghampiri kita dan tentu mengganggu aktivitas sehari – hari. Universitas Harvard pernah membuat penelitian mengenai hal ini. Mereka mengamati seorang atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda dan yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Hasilnya, atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet remaja yang tidak mengkonsumsi minuma bersoda.

6. Menipiskan lapisan lambung

Lambung kita yang mengandung asam yang sangat keras dapat terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga menimbulkan rasa mulas atau sakit perut bahakan membuat produksi gas dalam lambung meningkat. Ini sangat tidak baik bagi yang menderita sakit maagh.

7. Menyebabkan Diabetes

Selain soda yang mampu merapuhkan tulang, minuman ini rata-rata dapat menyebabkan diabetes, karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi. Minuman soda sangat berbahaya dan menjadi pemicu utama diabetes.

Bahaya minuman bersoda memang tidak terasa dan terlihat secara langsung. Tetapi dampaknya dapat merusak organ tubuh dalam jangka waktu lama. Jadi perlu diwaspadai dan bisa dibilang minuman bersoda justru leboh menyeramkan dari minuman beralkohol yang jelas – jelas memang memiliki dampak yang sangat buruk. Bagi sebagian orang, minuman bersoda dapat juga menghilangkan kesadaran untuk beberapa menit. Minuman bersoda bukanlah minuman sehat meski peredarannya sangat bebas dan bisa dibeli di mana pun.

Komentar