Bersepeda ke Cibodas

Pada hari Jumat, 23 oktober 2015 saya dan teman teman komunitas sepeda berencana mengikuti Cibodas Bikecamping, yaitu acara dimana para pehobi sepeda diseluruh Bandung, Bogor, Depok dan Jakarta berkumpul untuk camping bersama. Tidak ada batasan umur maupun jenis sepeda untuk mengikuti acara Cibodas Bikecamping ini, semua dapat bergabung dan yang terpenting memiliki sepeda hehehe.
       Jadi pada Jumat malam itu, saya berkumpul disalah satu rumah ketua komunitas sepeda untuk koordinator wilayah Depok di daerah Harjamukti. Rumahnya tidak terlalu jauh jaraknya dari rumah saya. Kami semua janjian sekitar pukul 19.00 WIB. Tapi hasilnya ada beberapa orang yang terlambat, jadi mundur hingga pukul 20.00 WIB.
       Setelah semua berkumpul, briefing pun dimulai oleh ketua.
“Jadi besok, PXR Depok akan mengikuti acara Bikecamping di Cibodas, Puncak Cianjur. Saya harap semua kebutuhan masing masing orang untuk disana dipersiapkan matang matang, mulai ada pakaian hangat, tenda, hammock, jika ada beberapa orang yang ingin membawa makanan yang mudah diolah seperti mi instan, sosis, nugget, kopi silahkan dibawa. Untuk jaga jaga seandainya ada mengalami lapar tengah malam, karena disana dingin sekali suhunya”canda bang pei.
“bang, seandainya saya tidak punya tenda dan juga malas berat berat bawa selimut hangat, apakah nanti disana ada yang menyewakan?”tanya om eko.
“kalo untuk tenda, nanti diusahakan nak imam yang hobi mendaki gunung melewati lembah untuk meminjamkan kepada teman temannya. Saat dijalan diusahakan bergantian membawa tenda tersebut. Kalau untuk malas membawa selimut hangat, nanti disana pihak panitia menyediakan sleeping bag. Tentu uang sewa pakai uang pribadi ya bukan saya”canda lagi bang pei
“ok siap om fei”jawab om eko
“Jadi sudah cukup yah briefing malam ini, saya harap besok saat diperjalanan hari cerah dan keadaan kita fit semua. Karena rutenya Depok – Cibodas cukup menggelitik dengkul” ucap bang pei.
       Akhirnya pukul 20.30 briefing selesai dan kita semua pulang kerumah masing masing. Agar esok hari keadaan badan segar karena tidur cukup. Untungnya dari jauh hari saya sudah mempersiapkan barang barang yang akan dibawa untuk hari H. Sehingga tidak repot repot lagi.
       Keesokan harinya kami berkumpulan di sebuah pom bensin jalan raya bogor km 35 pukul 05.30 WIB, seperti biasa ada beberapa orang yang terlambat karena malamnya tidak tidur cukup. Akhirnya pukul 06.00 WIB semua peserta sudah berkumpul, dan kami pun mulai menggowes sepeda kearah bogor, untungnya hari cerah karena hal yang paling kami takutkan adalah hujan.
       Kurang lebih 2jam 25 menit bersepeda kami pun tiba di Jalan Padjajaran, cukup melelahkan. Akhirnya ketua pun memutuskan untuk berhenti sejenak, akhirnya kami berhenti bersama. Dan selama berhenti ini ada yang memanfaatkan untuk merebahkan badan, meluruskan kaki, mencari minuman segar hingga mencari makanan khas bogor karena belum sempat sarapan.
       Setelah 60menit berlalu, perjalanan kami lanjutkan melewati tajur. Disini kondisi jalan mulai tidak kondusif, karena daerah ini selalu macet dikala akhir pekan. Jalur ini juga dipenuhi oleh kendaraan umum yang suka ngetem seenaknya sehingga mempersulit ruang gerak kami. Setelah melewati jalan padat merayap akhir tantangan kami selanjutnya adalah jalan mendaki. Disaat jam sudah menunjukan pukul 11.30 WIB, matahari juga sudah menjulang keatas, beberapa rekan sudah mulai kehabisan tenaga, karena ada beberapa yang membawa tas carrier yang biasa digunakan untuk mendaki gunung dengan ukuran 40liter. Saya rasa membawa tas itu untuk bersepada jarak jauh sangat menyiksa. Karena membuat punggung pegal dan bersepeda pun menjadi tidak nyaman apalagi isinya juga cukup banyak.
Akhirnya kami memutuskan untuk berhenti disebuah warung dekat pom bensi tajur untuk istirahat, sholat, makan. Ada beberapa yang istirahat dulu, ada yang sholat. Ada yang mengecek sepedanya. Lalu pukul 13.00 WIB kami memutuskan untuk makan, karena energi sudah sangat terkuras disini